Sejarah sunan Gunung jati jilid 09

Sunan Gunung Jati(Sarif Hidayatullah)

sunan gunung jati
Pakisaswaja.blogspot.com
Pakis 21 Oktober 2018 aswaja NU online
Sunan Gunung Jadi memiliki nama asli yaitu Sarif Hidayatullah. Syarif Hidayatullah berasal dari Mesir. Ibunda Sunan Gunung Jati merupakan putri dari Prabu Siliwangi yang bernama Rara Santang yang kemudian di peristri  oleh Raja yang bernama Syarif Abdullah yang merupakan seorang Raja dari Mesir.
Ketika Syarif Hidayatullah masih berusia 21 tahun, Syarif Abdullah meninggal dunia. Syarif Hidayatullah pun hendak di lantik sebagai pengganti Raja Mesir. Tetapi ia menolak.
Syarif Hidayatullah memilih untuk berkunjung ke Jawa tempat di mana sang Ibu di lahirkan untuk berdakwah. Sewaktu di Mesir, Syarif Hidayatullah kerap berguru kepada  para ulama Mesir, sehingga beliau tidak canggung lagi ketika harus berdakwah di Jawa.
Di Jawa, Syarif Hidayatullah meneruskan perguruan agama yang di bangun Syekh Datuk Kahfi, di Gunung jati. Oleh karena itulah beliau di sebut sebagai Sunan Gunung Jati.  Pangeran Cakrabuwana mengawinkan putrinya yaitu Dewi Pakungwati dengan Sunan Gunung Jati. . Setelah beliau berusia lanjut, Pangeran Cakrabuwana menyerahkan tahta Caruban Larang kepada sang menantu yaitu Sunan Gunung Jati.

Penerbit: syahriyadi
Alamat: pakis Tambakromo Pati

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah sunan Ampel. jilid 02

ABU NAWAS