Sejarah Maulana Malik Ibrahim yang kita kenal sunan Gresik!!! Jilid 01

Sunan Gresik (Maulana Malik Ibrahim)

maulana malik ibrahim
www.pakisaswaja.blogspot.com
Maulana Malik Ibrahim  atau Sunan Gresik merupakan seorang  wali yang hidup masa kejayaan kerajaan Majapahit. Beliau sampai di gresik pada tahun 1404 M. Kala itu sudah di jumpai sekelompok kecil umat Islam di pesisir pantai Pulau Jawa.
Sebagian dari mereka merupakan saudagar yang  menyebarkan agama islam dan juga berdagang, hal ini terbukti karena adanya makam seorang wanita yang bernama Fatimah binti Maimun yang wafat pada tahun 1082 M atau 475 H di daerah Leran.
Pada saat itu, islam belum berkembang dengan pesat. Menurut sejarah, Islam mulai berkembang pesat di Gresik  semenjak Maulana Malik Ibrahim berdakwah di sana. Namun kala itu sudah ada seorang raja di pulau Jawa yang memeluk agama Islam. Raja itu bernama Ratu Sima yang beristana di Kalingga yang berada di daerah Jepara.
SunanGresik atau Maulana Malik Ibrahim di kenal dengan berbagai nama. Di antaranya, Maulana Maghribi, disebut demikian karena beliau berasal dari daerah Maghribi, Afrika Utara.
Namun ada pula yang menyebutnya dengan Maulana Gresik atau Sunan Gresik. Sunan Gresik merupakan keturunan Ali Zainal Abidin Al Husein bin Ali bin Abi Thalib. Di beri nama Sunan Gresik karena penyebaran dakwahnya di daerah Gresik.
Maulana Malik Ibrahim datang ke Pulau Jawa bersama dengan Raja Cermin beserta dengan putra putri nya. Raja Cermin adalah Raja Hindustan. Sebagian Riwayat ada yang meyebutkan bahwa Sunan Gresik datang dari Turki sebagai utusan dakwah Khalifah Turki Utsmaniyah.
Beliau pernah mengembara di Gujarat sehingga cukup berpengalaman menghadapi orang – orang Hindu. Yang mana saat itu raja dan rakyat masih beraga Hindu atau Budha , sebagai agama resmi kerajaan.
Maulana Malik Ibrahim terkenal sebagai Si Kakek Bantal. Penolong fakir, miskin dan juga ahli tata negara yang di hormati oleh para pangeran dan sultan. Berbagai gelar tersebut menunjukkan betapa hebat perjuangan beliau untuk masyarakat Jawa. Beliau juga di kenal ahli pertanian dan pengobatan.
Semenjak beliau berada di Gresik, hasil pertanian rakyat Gresik meningkat tajam, Sunan Giri mempunyai gagasan mengalirkan air dari gunung untuk mengairi lahan pertanian.
Maulana Malik Ibrahim mempunyai sifat lemah lembut,welas asih. Dan ramah kepada semua orang baik muslim ataupun Hindu, yang membuat Maulana Maghribi  sangat di segani oleh masyarakat.
Kepribadian yang terpuji itulah yang membuat banyak orang rela berbondong- bondong masuk Islam dengan sukarela dan menjadi pengikut setianya.
Di Gresik, Maulana Malik Ibrahim mendirikan sebuah pesantren, tempat yang di jadikan untuk mempelajari AL Qur’an, hadist, bahasa Arab, dan sebagainya di sana. Inilah yang menjadi cikal bakal pesantren di Jawa, Dari pesantren yang pertama berdiri tersebut beliau menuai hasil yang sangat memuaskan.
lahirlah para mubaligh yang kemudian tersebar luas ke seluruh Nusantara. Tradisi pesantren ini berkembang hingga sekarang.
Pengikut  Sunan Gresik semakin bertambah, Beliau mempunyai niatan untuk mengislamkan Raja Majapahit. Hal itu di utarakan beliau kepada sahabatnya, Raja Cermin. Ternyata Raja Cermin juga mempunyai niatan yang sama untuk mengajak Prabu Brawijaya untuk masuk agama Islam.
Maka pada tahun 1321 M, Raja Cermin datang ke Gresik disertai putri nya yaitu Dewi Sari. Tujuan sang putri adalah untuk memberikan bimbingan kepada para putri istana Majapahit untuk mengenal Islam.
Maulana Malik Ibrahim wafat pada tahun 1419 M atau 822 H. Beliau di makamkan di Gapura Wetan, Gresik, Jawa Timur.
Penerbit : syahriyadi
Alamat; pakis,Tambakromo,Pati RT 03 RW 01
 telegram/hp;085747138705

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah sunan Ampel. jilid 02

ABU NAWAS

Sejarah sunan Gunung jati jilid 09