Sejarah sunan giri jilid 10

Sunan Giri(Raden paku)

sunan giri
Pakisaswaja.blogspot.com
 Pakis 21 Oktober 2018 Aswaja NU online
Sunan Giri merupakan seorang anak yang berasal dari seorang ayah yaitu Maulana Ishak yang berasal dari Pasai. Dan ibunya bernama Dewi Sekardaru, putri Prabu Menak Sembayu, Raja Blambangan.
Sunan Giri mulanya bernama Raden Paku, yaitu nama yang di berikan oleh ayahnya ketika hendak pergi meninggalkan Blambangan, sementara sang istri saat itu tengah hamil tujuh bulan.
Setelah lahirnya sang putra, ayahanda Dewi Sekardaru yaitu raja Blambangan memerintahkan untuk memasukkan bayi tersebut ke dalam peti kemudian di hanyutkan di lautan atas hasutan dari patihnya.
Bayi tersebut kemudian di temukan oleh rombongan kapal pesiar yang kapalnya macet karena adanya peti yang mengganjal kapal tersebut. Diangkatlah peti tersebut  lalu di buka. Seluruh awak kapal tersebut sangat terkejut. Karena mereka menemukan bayi mungil yang tampan di dalam peti tersebut.
Bayi tersebut kemudian di serahkan kepada majikan mereka oleh awak kapal yaitu, Nyai Ageng Pinatih yang merupakan mantan istri dari Patih kerajaan Blambangan. Dan bayi tersebut di angkat menjadi anaknya.  Singkat cerita, pada usia 12 tahun kemudian anak tersebut di serahkan kepada Sunan Ampel untuk dididik.
Raden Paku yang awalnya adalah seorang pedagang yang membantu ibunya, setelah menikah Raden Paku meninggalkan dunia perdagangan dan konsentrasi pada syiar Islam.
Lantas, bermunajatlah beliau di sebuah gua desa kembangan dan Kebomas, Kabupaten Gresik selama 50 hari 40 malam. Saat itu beliau teringat pesan ayahnya untuk mendirikan pesantren  yang bertanah sama yang di wasiatkan beliau.
Usai bermunajat, di carilah tempat tersebut dan akhirnya Raden Paku menemukan tanah tersebut di Desa Sidomukti, tepatnya si sebuah daerah perbukitan. Lalu beliau membangun sebuah pesantren di sana. Karena tempatnya di gunung, tempat itu di sebut sebagai Pesantren Giri, semenjak itulah raden Paku di sebut sebagai Sunan Giri.
Sunan Giri dikenal sebagai ahli politik dan ketatanegaraan.  Beliau pernah menyusun peraturan ketata pajakan dan undang – undang kerajaan Demak. Berbagai pandangan atau petuah nya di jadikan rujukan.
Jasa dan perjuangan sunan Giri terbesar adalah pengislaman penduduk Jawa bagian Timur. Tak terhitung jumlah orang masuk islam karena bimbingan beliau.
Penerbit: syahriyadi
Almt: pakis Tambakromo Pati

Comments

Popular posts from this blog

Sejarah sunan Ampel. jilid 02

ABU NAWAS

Sejarah sunan Gunung jati jilid 09